Submission

PETUNJUK UMUM

  1. Jenis-jenis karya ilmiah yang dapat diterima berupa: original research, literature review (termasuk systematic review dan meta-analysis), dan evidence-based case report (EBCR). Khusus untuk karya ilmiah yang membahas kasus, WAJIB berupa EBCR atau analisis mendalam dari kasus tersebut yang mencantumkan tinjauan literatur (dengan literatur terbitan maksimal 10 tahun terakhir). Klik disini untuk melihat contoh EBCR.
  2. Karya ilmiah yang akan dikirimkan WAJIB mengikuti panduan penulisan (Author Guidelines) dan menggunakan format/template yang terdapat di website Jurnal Forensik dan Medikolegal Indonesia. Klik di sini untuk melihat panduan http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jfmi
  3. Penulis bertanggung jawab sepenuhnya terhadap penulisan dan kesalahan ketik karya ilmiah yang dikirimkan.
  4. Semua proses unggah karya ilmiah dilakukan melalui member area website pdfijaya.com
  5. Hasil revisi karya ilmiah dilakukan dengan mengklik tanda (pensil) disamping judul karya ilmiah yang akan direvisi, kemudian menambahkan file yang telah direvisi. TIDAK dengan menambah submission baru.

PETUNJUK PENULISAN DAN PENGIRIMAN ABSTRAK DAN FULL-TEXT

  1. Abstrak dan full text merupakan tulisan yang bersifat fakta dengan menuliskan tujuan, metode, inti hasil penelitian, dan kesimpulan.
  2. Template penulisan abstrak dan full text dapat diunduh di sini Template_Jurnal_PDFI.doc
  3. Pastikan Anda telah mendaftar sebagai peserta SIMPOSIUM untuk dapat melakukan proses pengiriman abstrak dan full text
  4. Abstrak dan full text dapat diunggah melalui halaman member area pada menu My Paper Submission
  5. Batas akhir penerimaan abstrak : 19 Juli – 22 Agustus 2021
  6. Batas akhir penerimaan full text : 28 Agustus – 28 September 2021
  7. Abstrak yang dikirimkan akan melalui proses review dan seleksi oleh panitia.
  8. Setelah melalui proses review dan seleksi, peserta akan mendapatkan notifikasi tentang lolos/tidaknya abstrak yang telah diunggah.
  9. Abstrak yang lolos dari proses tersebut dapat dipaparkan dalam bentuk poster atau presentasi oral (*lihat alur). Peserta dapat mengusulkan jenis pemaparan yang sesuai dengan karya ilmiahnya untuk mendapatkan persetujuan panitia.
  10. Full text yang sesuai dengan syarat dan ketentuan akan dikirimkan ke Jurnal Forensik dan Medikolegal Indonesia.
alur_ilmiah

PANDUAN PEMBUATAN POSTER

  1. Poster akan ditampilkan di website acara
  2. Poster menggunakan orientasi portrait (vertikal), ukuran lebar 1080px X tinggi 1532px dengan resolusi 300dpi.
  3. Poster menggunakan format JPG atau PNG.
  4. Jenis, ukuran, dan warna font harus mudah dibaca (direkomendasikan jenis font sans serif, ukuran antara 18 hingga 20, warna kontras dengan latar belakang)
  5. Isi poster menjabarkan lebih detil judul yang dikirimkan. Informasi tambahan berupa teks, tabel, gambar, dan foto dapat dicantumkan di dalam poster.
  6. Poster yang dikirimkan akan menjadi dasar penilaian dalam kategori Presentasi Poster.

PANDUAN PEMBUATAN VIDEO PRESENTASI ORAL

  1. Video akan ditampilkan di sesi Presentasi Oral sesuai jadwal yang akan ditentukan kemudian
  2. Video berisi rekaman presentasi karya ilmiah yang sudah dikirimkan oleh peserta sebagai pengganti sesi presentasi live. Dalam video tersebut ditampilkan slide PPT dengan narasi dari presentan (seolah-olah presentan melakukan presentasi secara live).
  3. Video menggunakan format MP4, dengan durasi 5-7 menit.
  4. Video diunggah ke Google Drive masing-masing peserta, pastikan video tidak di private atau berikan akses video kepada sekretariatjaya.pdfi@gmail.com agar kami dapat men-download video Anda.
  5. Masukkan link video yang telah di upload di Google Drive Anda pada halaman member area pada menu My Paper Submission (proses video)
  6. Batas akhir penerimaan video : 28 Agustus – 28 September 2021
  7. Video yang dikirimkan akan menjadi dasar penilaian dalam kategori Presentasi Oral.